Langsung ke konten utama

Panduan Membuat Website Gratis

Bagi sebagian orang mengatakan website adalah sesuatu yang asing dan tidak terjangkau bagi pengetahuannya, bagi lainnya mengatakan belajar membuat website terlalu susah, sulit atau rumit sekali. Bagaimanapun pendapat Anda tidak tidak akan mengubah kenyataan bahwa perkembangan teknologi informasi sudah berkembang sangat cepat, siapa yang tidak mengikutinya akan ketinggalan sama sekali. Jika Anda menguasai teknologi informasi dan Anda mampu memanfaatkannya dengan baik, bukan mustahil Anda menjadi orang yang sukses.
Melalui website Anda mampu menjangkau seluruh dunia. Dengan membuat website Anda dapat menyebarkan informasi apapun dan membuat ribuan bahkan jutaan orang percaya. Dengan membuat website, bisnis yang paling kecilpun dapat menjadi besar, asalkan Anda mampu menggunakan website untuk merangkul dunia. 
Dengan bantuan salah satu mesin pencari terkenal di dunia saat ini, yaitu Google, Anda dapat menemukan ribuan  jasa hosting website gratis, salah satu contoh dengan keyword : web hosting ftp gratis

Akan muncul beberapa situs yang menawarkan jasa web hosting yang mendukung FTP (File Transfer Protocol), diantaranya http://www.byethost.com. Kita akan menggunakan website tersebut dalam panduan membuat website gratis ini, seperti berikut:

1.    Pertama-tama, buka internet browser Anda, disarankan untuk menggunakan Mozilla Firefox atau lainnya, tetapi tidak direkomendasikan menggunakan Internet Explorer.
Masukkan alamat http://www.byethost.com dan klik menu Not a member?
 














2.    Isikan form seperti berikut ini dengan lengkap dan alamat email haruslah masih aktif karena untuk aktivasi selanjutnya dan klik tombol Register.




























3.   Setelah berhasil register, akan ada konfirmasi untuk pengecekan email dari no-reply@byethost3.com untuk aktivasi free hosting account. Buka email Anda yang dikirim oleh no-reply@byethost3.com dan klik link aktivasi yang tersedia.

















4.  Masukkan text catchpa untuk konfirmasi bahwa yang melakukan aktivasi adalah manusia, bukan computer yang dibuat seperti robot otomatis dan klik tombol Click!
     
Dan jika benar akan seperti berikut ini:
ACCOUNT ACTIVATED, you will recieve your account details via email very soon.

5.       Periksa kembali email Anda, karena akan mendapat email lagi dari no-reply@byethost3.com yang berisi detil informasi mengenai free hosting account Anda yang selanjutnya akan digunakan untuk unggah data website pribadi kita melalui FTP Cllient dan juga bisa digunakan untuk login ke CPanel Byethost.com (http://panel.byethost.com/index.php). CPanel adalah online Control Panel yang dapat digunakan untuk mengatur website, membuat email account dan banyak hal lainnya seperti meng-unggah data web juga bisa.
Contoh Informasi Akun:
              ---------------------------------------------------
              Cpanel Username                    :  b3_ ivanhoe
              Cpanel Password                    :  password
              Your URL                               :  http://ivanhoe.byethost3.com or  
                                                                http://www.ivanhoe.byethost3.com
              FTP Server                             :   ftp.byethost3.com
              FTP Login                              :   b3_ ivanhoe
              FTP Password                        :   password
              MySQL Database Name        :   MUST CREATE IN CPANEL
              MySQL Username                  :  b3_ ivanhoe
              MySQL Password                  :  password
              MySQL Server                       :   SEE THE CPANEL
              Cpanel URL                            :   http://cpanel.byethost3.com
              ---------------------------------------------------
6.   Di sini kita menggunakan FTP Client-nya Filezilla (gratis juga: J). Jalankan program Filezilla.exe, dan masukkan informasi untuk FTP user login Anda seperti berikut:
 

Dan klik tombol QuickConnect/KoneksiCepat.

7.     Bila koneksi berhasil, selanjutnya Anda tinggal meng-unggah data website pribadi Anda ke dalam folder htdocs yang ada di layar sebelah kanan.




























8.       Setelah diunggah, Anda tinggal buka alamat website yang telah diberikan dalam informasi akun Anda.

9.       Selesai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mounting USB drives in Windows Subsystem for Linux

Windows Subsystem for Linux can use (mount): SD card USB drives CD drives (CDFS) Network drives UNC paths Local storage / drives Drives formatted as FAT, ExFAT or NTFS can be mounted in WSL. For this example, we assume the drive shows in Windows as F:\ If Windows changes the USB drive letter on a subsequent session, you need to repeat this process. The commands are typed into the Windows Subsystem for Linux Terminal. Create a mount location in WSL: $ sudo mkdir /mnt/f Mount the drive in WSL: $ sudo mount -t drvfs f: /mnt/f After this one-time setup, one can create and manipulate files from both Windows and WSL on the same drive. network storage Here we assume: networked storage is already showing in Windows under \\server\share we want to access this network storage from WSL as /mnt/share Create a mount location in WSL: $ sudo mkdir /mnt/share Mount the network share in WSL: $ sudo mount -t drvfs '\\server\share' /mnt/share

FMW 12.2.1.3.0: "ONS configuration failed" or "oracle.ons.NoServersAvailable: Subscription time out"

FMW 12.2.1.3.0: "ONS configuration failed" or "oracle.ons.NoServersAvailable: Subscription time out" Solving To implement the workaround in the Configuration Wizard(config.sh) set the following environment variable before launching config.sh. $ export CONFIG_JVM_ARGS=-Doracle.jdbc.fanEnabled=false

ERROR ORACLE DB: The version 12.2.0.1.0 of the database that you are using is not a supported version

ERROR ORACLE DB: The version 12.2.0.1.0 of the database that you are using is not a supported version or The specified user may not have sufficient privileges to perform this operation. User should have sysdba or dba privileges. Solution SQL> alter system set db_32k_cache_size = 512M scope=both;